Senin, 04 Maret 2013

Room Service


Provide Room Service (In Room Dinning)

Room Service adalah bagian F&B Service yang menyediakan pelayanan makanan dan minuman di dalam kamar.
Perbedaan pelayanan di restaurant dengan Room Service adalah:
1.     Di restaurant guest (tamu) dapat memesan langsung dengan waitres tapi, dalam room service guest (tamu) hanya memesan makanan dan minuman melalui telepon saja.
2.   Di restaurant menu makanan lebih bervariasi namun, di room service untuk pilihan menu cenderung sedikit.
3.    Pelayanan di restaurant tergantung dari buka/tutupnya restaurant tetapi, untuk bagian room service pelayanannya buka selama 24 jam.
4.      Di restaurant tamu yang datang untuk makan sementara, di room service server yang akan datang ke kamar dengan membawa makanan dan minuman yang telah dipesan.

Dalam bagian room service terbagi menjadi beberapa tahapan jabatan beserta dengan tugas-tugasnya, antara lain:
1.      Room Service Manager
-          Bertanggung jawab sepenuhnya atas jalannya operasi di room service.
-     Membuat rencana dan jadwal kerja untuk bawahannya, mengingat operasi room service yang selama 24 jam.
-     Mengawasi pelaksanaannya.
-     Bertanggung jawab atas seluruh keperluan bawahan seperti peningkatan pengetahuan dan keterampilan, serta appearance bawahannya.
-   Bertanggung jawab kepada F&B manager.

2.      Room Service Captain
-   Bertugas memeriksa kehadiran dan appearance waiters, menyediakan segala sesuatu untuk service serta mengawasi persiapan dan service yang akan dilaksanakan.
-  Captain bertugas sebagai quality control dengan memeriksa ketepatan dan mutu pesanan yangakan dikirim kekamar tamu.
-  Captain bertugas membuat laporan pertanggungjawaban kepada room service manager.


3. Room Service Order Taker
Room service order taker mempunyai peranan yang penting dalam operasi room service. Order taker bertugas dalam menerima dan mencatat pesanan makanan dan minuman tamu terutama melalui telepon. Karena berhubungan langsung dengan tamu, maka seorang order taker haruslah orang yang mempunyai kemampuan komunikasi bagus, sopan, serta memiliki pengetahuan yang luas tentang menu. Seorang order taker harus mencatat semua pesanan tamusecara tepat dan benar untuk selanjutnya diserahkan kepada waiters.

4. Room Service Waiters 
Bertugas untuk menyiapkan segala peralatan dan keperluan untuk service sertamenyiapkan nampan dan trolley. Tugas pokok room service adalah untuk menyajikan makanandan minuman dikamar tamu, termasuk menyiapkan pesanan tamu, melayani tamu, danmelakukan clear up kamar tamu serta menyampaikan tagihan pelayanan kamar (bill).


    Pada umumnya room service beroperasi selama 24 jam siap menyajikan makanan dan minuman untuk breakfast, lunch, dinner, dan supper ( makan tengah malam). Operasi room service meliputi :
a. Taking Order

  Mengambil dan mencatat pesanan tamu secara tepat, baik yang langsung melalui     telepon atau pun tertulis melalui door knob menu.

b. Preparation

   Menyiapkan dan mengatur segala peralatan yang diperlukan seperti chinaware,silverware, glassware, cutleries, napkin, dll termasuk ruang kerja. Menjaga agar segalasesuatunya siap untuk operasi room service.



c. Service

  Menyajikan makanan dan minuman secara tepat dan benar dikamar tamu, baik yangmengenai jenis dan jumlah hidangan, waktu, dan nomor kamar pemesan, serta alat-alat yangdipergunakan.



d. ClearUp

 Mengambil serta memeriksa semua alat-alat room service yang telah digunakan danmembersihkan area pelayanan kamar.

1 komentar: